- Musik Barat dan Timur
Dalam
sejarah musik,terdapat dua rumpun musik yang berbeda yaitu musik barat dan
musik timur. Musik barat menggunakan sistem nada-nada yang matematik,dimana
nada-nadanya disusun berdasarkan frekuensi yang tetap dalam 7 nada (diatonis)
yang kemudian berkembang menjadi 12 nada (kromatis).Sedangkan musik timur
menggunakan sistem nada amatematik,yaitu tangga nada pentatonis yang
nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.
Mozart
Wolfgang
Amadeus Mozart merupakan salah satu musisi paling terkenal sepanjang
masa.Mozart lahir di Salzburg,Austria pada tahun 1756.Sejak usia 6 tahun ia
sudah berkeliling bersama kakak perempuan dan ayahnya Leopold yang seorang
pemain biola dan komposer.Sejak kecil ia sudah piawai memainkan alat musik.Pertemuannya
dengan Johann Christian Bach,putra
J. Bach, di London 1764
menghasilkanh simponi pertamanya.Pada tahun 1768,ia menulis opera ( operera
komedi ) dengan judul La Flinta Semplice ( niat sederhana ) dan opera jerman
Bastien und
Bastiene.
Pada
1769 – 1773 Mozart dan ayahnya pergi ke Itali dan ia diminta menulis opera
seria bertema kepahlawanan.Mithridas,Raja Pontus ditampilkan pada 1770 dan
menjadi terkenal.Mozartpun dianugrahi Ksatria Orde Spur Emas dari Itali ia
melanjutkan perjalanan ke Mannheim dan Paris.Setelah itu ia kembali ke Salzburg
dan menjadi concertmaster.Ia meninggal pada 5 Desember 1791 pada usia 35
tahun dalam kesulitan ekonomi.Opera terakhirnya,pengampuan titus dibuat pada
bulan September.Sedangkan karya terakhirnya belum sempat diselesaikannya adalah
Requiem Mass in D Minor ( masa kematian dalam D Minor ).
Mozart
melahirkan lebih dari 600 karya,yaitu 41 simfoni,23 kwartet gesek,27 konserto,17
sonata piano,7 opera besar.Dan karya opera lainya yang terkenal lainnya adalah
Pernigahan Figaro (1786),Don Gifani (1787),Cosi fan Tutte (semua wanita seperti
itu,1790),sedangkan karya musiknya adalah Piano Concerto no.9 in E-flat Major
(Jeunnehomme 1777) dan Eine Kleine Nachtmusik (Musik malam
kecil,K.525,1787)Karya-karya Mozart kemudian dikatalogisasi oleh Lugwin von
kochel pada 1862 dan penomoran kochel ini digunakan sebagai standar untuk merujuk
karya Mozart.Jeunehomme concerto,misalnya disebut K.
- Sejarah Musik
1.
Yunani Kuno
(675 SM-Awal Masehi)
Mereka menyusun 2 tetrachord (dari phytagoras)yang
membentuk sebuah tangga nada diatonis dalam satu oktaf.Perkembangan musik
yunani sangat pesat,baik musik voakl maupun musik instrumentalnya.Musik,puisi,
dan tari,saling erat dan menyatu sebagi bentuk etis-religius.Dasar seni musik
yunani diambil dari seni sastra,karena musik sastara merupakan satu kesatuan
yang tidak dapat dipisahkan.Musik bagi bangsa yunani juga berfungsi sebagai:
v Iringan
upacara religius,penyembahan pada dewa-dewa atau setengah dewa.
v Iringan
upacara kerajaan.
v Iringan drama
tari,sastra,atletik,gladiator,dan
hibuaran
sosial.
v Iringan perang.
Para ahli musik bangsa
yunani diantaranya: Aischylos (425 SM-456 SM), Sophocles (496 SM-406
SM),Phytagoras (585 SM-505 SM),Aristoteles (384 SM-422 SM),dan Aristoxenos
(sekitar 325 SM).Instrumen yang terkenal adalah lyra,Kitara (petik), dan autos
(seperyi oboe)
2.
Abad
Pertengahan (Abad V-XVI)
Abad pertengahan berada diantara zaman akhior kerajaan
Roma (476)dan zaman bangkitnya ilmu pengetahuan.Musik yang dulunya terdiri dari
satu suara (monofonik) bertambah
menjadi beberapa suara (polifonik).Pada
jenis musik Georgian,penyempurnaan dilakukan pada pemerintahan Paus Gregorius
Besar (592-604).Musik Gregorian berasal dari yahudi dengan puncak penggunaanya
pada missa, yaitu ibadat Pengorbana Nabi Isa.Para penyanyi keliling seperti
:para Troubaours (guillaume de Poiters,1071-1127)dan Trouveres(Adam de la
Halle,1240-12870di perancis,dan para Minnesanger (Wather von Der Vogel
Weide,1170-1230)dan Meistersinger (Hans Sachs,1494-1571) di jerman.
Pada bentuk musik kolosal terdapat tiga jenis,yaitu Motet,Canon,dan Madrigal.Motet
merupakan bentuk nyanyian bersama-sama yang menyanyikan berbagai macam naskah
dalam penampilannya.Canon seperti motet,namun terdapat dua kelompok yang
berlainan saat mulai menyanyinya.Sedangkan madrigal merupakn nyanyian bersama
dalam 4 sampai 5 jenis suara.Komponis ternama abad pertengahan adlah Perluigi
da Palestrina (1526-1594).
3.
Renaissance
(abad XVI – XVII)
Instrumen orgel mendapat perhatian di italia dan jerman,
sedangkan di inggris lebih memperhatiakn
instrumen pendahulu piano yaitu virginal.Komponis terpenting zaman Renaissance
adalah Frescobaldi (1583-1644),Scheidt (1587-1654),Scheid Mann
(1595-1663,jerman), dan Bull (1563-1628,di inggris).
Opera mulai berkembang dengan menggunakan permainan solo
sebuah instrumen (solistis) dan koor
besar.Komponis opera yang terkenal pada zaman Renaissance adalah Galilei
(1533-1591) dan Peri (1561-1633) dari Florence,Monteverdi (1563-1628,di
inggris).
Inti dalam perkembangan musik zaman Renaissance adalah adanya
reformasi agama katolik pada tahun 1517 dengan pertumbuhan musik gereja
protestan yang di pelopori oleh Dr.Martin Luther (1483-1546).Martin luther
merupakan pembina koral evangelis yang mengajarkan lagu-lagu syair dan mengolah
lagu-lagu khotbah gereja.Bahkan beliau juga membuat lagu-lagu baru,seperti Ein
Fester Burg ist Unser Gott denagn bantuan sahabatnya Johann Walther (1496-1570)
dan Heinrich Schuetz (1585-1672),seperti pencipta musik gereja evangelis yang
terbesar sebelum Johan Sebastian Bach.
4. Barok dan Rokoko (Abad XVII-Awal XVIII)
Istilah “barok” dan “rakoko” dipinjam dari dunia
arsitektur. Komponis besar
pada zaman ini adalah Johann Sebastian Bach ( 1685-1750 ) dan George Friederich
Handel ( 1685-1759 )
5.
Klasik (Abad
XVIII-Awal Abad XIX)
Zaman klasik diawali sepeninggal Bach dan Handel,sekitar
tahun 1750.Ciri utama musik klasik adalah:
v Pemakaian Crescendo dan Decrescendo
v Pemakaian Acclerando (mempercepat tempo) dan Ritardando (memperlambat tempo) dalam
penyajian musik
v Pembatasan
pemakaian nada-nada penghias (Ornament)
v Pemakaian akor
trinada
Bentuk musik sonata, simfoni, concerto, dan karya-karya lapas (pieces) mengalami pendalaman dan
penyempurnaan yang ekspansif.
Komponis
yang terpenting pada zaman klasik adalah John Stamitz (1717-1757), Franz Joseph Haydn
(1732-1809) yang dikenal sebagai “Bapak Orkes Simfoni” (>100 karya) dan
“Bapak Kwartet” (>80 karya), dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
6. Romantik (Abad XIX-Awal Abad XX)
Dalam sajian musiknya,
nada-nada penghias tidak dipergunakan kecuali Trill. Perhatian
musiknya banyak, ditekankan
pada masalah dinamik.Bentuk-bentuk musik seperti Sonata, Konser, simfoni, variasi, opera, dan karya-karya fantasi tunggal (Pieces) sebagai media ekspresi diri
sangat banyak diciptakan.
7. Peralihan (Abad XX)
Kebesaran
Romantik telah selesai sepeninggal Wagner. Komponisnya adalah :
v
Cesar
Auguste Frank ( 1822-1890 )
v
Gustav
Mahler ( 1860-1911 )
v
Peter
Ilyich Tschaikovsky ( 1840-1893 )
v
Sergal
Rachmaninoff ( 1873-1943 )
8.
Modern (Abad
XX- sekarang)
Janin musik adalah eksperimen komposisi di Konservtori
Paris,yang dilakukan dengan gamelan,hibah dari Nederland tahun 1887 bagi HUT
ke-100 tahun Revolusi perancis 1889.Komposisi musik modern dimulai pada tokoh
Claude Achille Debussy (1862-1918) sebagai pelopor impressionanisme.Komponis
ternama zaman modern diantaranya: Richard Strauss (1864-1947), Arnold
Schoenberg (1874-1951), Bela Batrok (1881-1945), dan Igor Stravinsky
(1882-1971).Mereka merupakan komponis ekspresionis modern.
Salah satu tujuan sikap modernisme adalah emansipasi dan
pembebasan dari keterbelengguan, keterikatan dasar, dan pembatasan.Tahun
1940-an menandai episode baru perkembangan musik modern abad ke-20.Pierre
Scaeffer,seorang teknisi Radio Diffusion Television Francise (RTF) membuat
rekaman musik elektronik yang disebut musik konkrit.Musik konkrit disiarkan di
Paris pada tanggal 5 oktober 1948 dalam acara “Konser Bunyi”.Konser ini
mendapat sambutan publik secara luas yang melahirkan jenis musik baru.
Tahun 1960-an,perkembangan media elektronik semakin pesat
dengan lahirnya alat seperti Synthesizer,media
perekam multijalur (multitrack),multemedia elektronik,dan komputer.Muncul
tokoh-tokoh musik kontemporer seperti Luciano Berio, Bruno Maderna, Henri
Pousseur, Luc ferrari, Philip Glass, Steve Reich, Lou Harrison, dan masih
banyak lainnya.
- Penyebaran Musik Barat di Nusantara
Penyebaran musik barat di nusantara,secara selintas
bermula dari daerah indonesia bagian Timur lewat para palaut Spanyol dan
Portugis dalam konteks imperialisme abad XVI.Mereka datang ke indonesia bagian
Timur tanpa mengenalkan musik seni Eropa,tetapi musik rakyat dengan iringan Cavaqinho (ukulele),biola ,gitar dan
sebagainya sebagai sarana hiburan para pelaut dan pemukiman sekitar mereka.Berdansa
quadrille,
yaitu dansa atau tarian asal Spanyol (Cuadrilla yang asalnya tentang para
penunggang kuda) dengan empat pasang atau lebih penari,menambah bentuk musik
barat bagi kebutuhan hiburan,dansa, dan band Militer Balanda.Lahirnya kalangan
elit indonesia di masa pra-pernag dunia II yang berorientasi ke Belanda serta
adanya beberapa sekolah guru di jawa juga telah menyebabkan masuknya tradisi
musik barat seperti pemakaian notasi balok lewat piano.
Pada tahun 1930-an,studio-studio tersebut umunya memiliki
orkes musik,ensambel atau combo,penyanyi dan pianis tetap untuk mengisi agenda
siaran radio dengan acara-acara musik serius atau hiburan yang dilakukan oleh
para pemusik profesional asing.
Jenis
musik
yang pertama kali diproduksi secara domestik melalui cetak elektronik piringan
hitam dan film tempo dulu adalah musik hiburan Belanda dan gamelan jawa,Sunda, dan Bali, terutama
keraton Surakarta dan Yogyakarta (Puro Paku
Alamari dan Mangkunegaran),Istana Klungkung dan peliatan Gianyar,serta gamelan
degung dan gending-gending Cianjuran dari tanah priangan.
Tahun 1950-an menjadi titik balik perkembangan musik di
indonesia yang sesungguhnya.Tahun-tahun tersebut merupakan awal pembinaan
beberapa orang muda indonesia meneruskan pelajaran musi ke luar negeri untuk
memperdalam ilmu musik,diantaranya ke Roma ,Amsterdam , London , Brussel ,
Perancis, Berlin , New York , Tokyo , Moskow , Praha , dan beberapa kota besar
lainnya di Eropa.Tahun 1950-an juga merupakan awal dibukanya berbagai pendidikan
kesenian dan masuk di indonesia, antara lain Sekolah Musik Indonesia (kemudian
AMI,sekarang ISI), Yayasan Pendidikan Musik (YMI) di jakarta (terutama untuk
piano), B.I.Guru Musik (kemudian IKIP sekarang UP) di yogyakarta, Malang,
Bandung, dan Jakarta.
Generasi akademik tahun 1950-an baru memunculkan sosoknya
tahun 1979, melalui Forum Pekan Komponis-Dewan Kesenian Jakarta.Sampai tahun
2001, forum pekan komponis lebih banyak diisi aktifitas para komponis dengan
latar belakang musik tradisi dari budya etnik Sunda, Jawa, Bali, dan Minang.
- Aktifitas Musik
1.
Komponis
Karya musi
barat pada umumnya dibuat oleh seorang
komponis dengan maksud tertentu yang menggunakn notasi balok yang akan
dimainkan oleh pemain.Proses pembuatan karya musiknya dilakukan secara individu
(personal).Berbeda dengan musik Timur (gamelan), yang secara umum dihasilkan
berdasarkan permainan kelompok (kolektif)
2.
Pemain
Musik orkestra
tidak terdapat permasalahan tingkat kesulitan dalam teknik memainkan instrumen
alat musik, karena para pemainnya memiliki kemampuan yang seimbang. Permainan
orkestra (barat)lebih bersifat individual untuk kemudian belajar secara
kelompok.
Permaian musik barat
(orkestra) sangat ditentukan oleh pemimpin kelompok yaitu Konduktor. Dalam
memberikan ekspresinya, seorang konduktor menggunakan isyarat tubuh (visual),
seperti gerak tangan melebar, menyempit atau bahkan gerakan membungkukan
tubuh.Permainan musik timur (gamelan) sangat ditentukan oleh bunyi permainan,
kendang (abstrak) yang memerlukan kepekaan pendengaran/rasa setiap pemain
musiknya.
3.
Penimat
Dalam jenis musik seni,
pendengran bersifat pasif atau tidak turut serta dalam pertunjukan
tersebut.Mereka berperan melalui apresiasi dan kritik seni.Di dunia musik
timur,musik lebih mengarah ke wilayah ritual.Hal ini berarti bahwa musik
terbatas ruang kegunaannya dalam dunia modern.Sifat riotual ini menyebabkan
musik tabu untuk dikritik,sehingga muisk timur kurang dapat mengembangkan
estetika musik maupun musik sebagai sarana pendidikan dalam konteks modernitas.Bidang
musik memberikan pendapat mereka tentang musik, seperti A.Sorokin (sosiolog),
Edmund Leach (antropologi sosial), santayana, Cassirer, Susanne K.Langer
(filsuf), joseph Fourier (matematikus) ,dan sebagainya.
- Jenis Musik Nusantara-Mancanegara
1. Berdasarkan Sumber Bunyi
a. Musik
Vocal
Vokal berasal kata
voce (italia) atau voice (inggris) yang berarti suara yang dihasilkan oleh
organ tubuh makhluk hidup yaitu manusia dan binatang.Musik vokal merupakan
musik yang menggunakan suara manusia sebagai media/alat ekspresi yang pada
umumnya dalam bentuk nyanyian.Contoh musik lokal adalah opera,pertunjukan yang
hampir seluruhnya dalam bentuk nyanyian.Bentuk opera dikenal sabagai
langendriyan.Bernyanyi tunggal (solo), duet, kuartet, kuintet, sektet, oktet,
atau kuartet ganda.Paduan suara dinyanyikan oleh 14 orang atau lebih biasanya
dinyanyikan dalam banyak suara.Kelompok vokal atau vokal group berarti
sekelompok orang yang bergabung untuk menyanyikan sebuah lagu bersama-sama,baik
dalam satu suara maupun beberapa suara.
b.
Musik
Instrumental
Musik
Instrumental merupakan musik yang sumber suaranya bukan berasal dari mahkluk
hidup,tetapi berasal dari alat musik yang menghasilkan bunyi.Orkes meruapakn
paduan musik yang dibentuk secara cermat dari berbagai alat musik seperti
gesek, tiup kayu, tiup logam, dan perkusi.Karya utama musik orkes disebut
simfoni dan bentuk baku orkes simfoni baru dietetapkan pada awal abad
ke-20.Orles simfoni juga dapat memainkan jenis musik klasik lain,seperti musik
film, televisi,dan lagu-lagu pop.
2. Berdasarkan Proses Atau Dasar
Penciptaan
a.
Musik seni
Musik seni
merupakan bentuk musik yang diciptakan untuk keindahan musik itu sendiri
misalnya:
·
L’Apres Midi d’un Faune karya Claude Achille Debussy
(perancis)
·
Uyon-uyon (dari jawa tengah) yang di antaranya memainkan
lagu-lagu atau gending-gending :Langen Gito, Sri Narendro
b. Musik Progamatis
Musik ini
memiliki rancangan yang progamatis.contohnay musik untuk tari, opera,dan musik
drama.Biasanya musik progamatis ini bernajak dari cerita atau ide tertentu
(tentang laut, dunia binatang, legenda, keindahan alam, dan sebagainya).Musik
progamatis ini sanagt menarik karena mudah diingat serta memiliki alur cerita
yang terkadang fantastik
3. Berdasarkan Fungsi
a.
Musik Sakral
atau Musik Religi
Musik sakral
diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat religius atau
keagamaan,termasuk juga musik upacara adat, pernikahan,dan kematian.Pada
upacara keagamaan,musik mengilham orang untuk mengingat Tuhan atau Dewa.Musik
dipadukan dengan lagu keagamaan dan tarian suci.terkadang komponis juga memilih
tema keagamaan dalam mengubah musik .Contohnya Messiah,gubahan komponis jerman,
George Friederich Handel.Syair lagu tersebut diambil dari isi alkitab.
b.
Musik sekuler
Atau Musik duniawi
Musik ini tidak
memiliki unsur keagamaan.Contoh musik sekuler adalah musik untuk dansa, musik
mars, dan musik-musik hiburan yang bersifat duniawi.
4. Berdasarkan Tatanan
Masayarakat
a.
Musik Istana
Musik
istana adalah musik yang lahir di kalangan bangsawan kerajaan untuk memenuhi kebutuhan
dalam istana
b.
Musik Rakyat
Musik
rakyat adalah musik yang tumbuh dan hidup pada masyarakat tertentu.Musik rakyat
memiliki ciri khas tersendiri dan sering dipakai untuk mengiringi tarian
tradisional.Beberapa komponis, seperti Bela Bartok dari Hongaria, meneliti
irama musik rakyat di negarnaya serta memasukan ciri khasnay ke dalam karya
musiknya.
5. Berdasarkan Gaya / Aliran
a.
Musik Pop
Daya tarik musik pop tidak dibatasi budaya dan
bahasa.Musik pop bersifat menghibur,mengesankan,dan enak di dengar.Tiap
peradaban melahirkan gaya musik pop tersendiri.
b.
Musik Dangdut
Musik
dangdut merupakan kombinasi antara musik melayu dan musik india.Kata “dangdut”
berasal dari gendang khas yang umum digunakan dalam pertunjukan dangdut yaitu
tabla.Musik dangdut cepat populer di masya rakat indonesia karena suara gendang
dalam musik tersebut mrip suara gendang asli indonesia.
c.
Musik Gamelan
Gamelan merupakan
instrumen musik orkes yang dikenal di beberapa daerah indonesia, seperti pulau
jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.Musik gamelan menggunakan dua jenis tangga
nada , pelog dan slendro.Musik ini biasanya dimainkan untuk mengiringi drama
atau tari-tarian tradisonal.
d.
Musik
Keroncong
Orkes keroncong di
prngaruhi oleh musik portugis.Sekitar abad-17, masyarakat indonesia yang
bermukim di sekitar perkampungan portugis, mulai mengenal musik iringan
ukulele.Musik ini ternyata di gemari dan berkembang sesuai dengan improvisasi
masyarakat setempat.
e. Musik Jazz
Ciri terpenting dari
musik jazz adalah improvisasi,yaitu pengolahan sebagian atau seluruh musik
sambil memainkannya.Musik jazz diciptakan noleh para pemusik kulit hitam pada
awal abad-20 di New Orleans,Amerika serikat.Musik jazz indonesia muncul tahun
1902 dan meredup ketika musik rock muncul tahun 1955.
f.
Musik Rock
Pada tahun 1950-an mulai
terdengar jenis musik pop baru.Lagu rock and roll memiliki ritme yang menggebu dan lirik yang
cocok untuk kaum remaja.
g.
Musik Blues
Selama abad XVII-XIX
ribuan orang Afrika dibawa ke Amerika serikat sebagai budak.Sejak saat itu
penulis,artis, dan musisi kulit hitam menjadi bagian dari budaya amerika
serikat.
h. Musik Mars
Musik dengan ketukan
keras dan mantap membantu para prajurit untuk memadukan langkah dalam
baris-berbaris.Banyak sekolah,tim olahraga di indonesiasudah memiliki kelompok
musik mars sendiri untuk menghibur dan mengajak penonton untuk bernyanyi pada
saat istirahat paruh pertandingan atau peristiwa tertentu.
- Instrumen Musik
Penggolongan dari sudut akustik ini,mula-mula dicetuskan
oleh Charles Victor Mahhilon (1841-1924).kemudian disempurnakan oleh Curt Sachs
(1881-1959) dan temannya C.M.von Hornbostel, sehingga bisa disebut penggolongan
Menurut Mahillon-Sach-Hornbostel.
Lima golongan alat musik berdasarkan sumber bunyinya:
Ø Ideofon yaitu alat instrumen musik yang sumber bunyinya bersasal dari bagian instrumen
musik itu sendiri.
Ø Aerofon yaitu
instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetarbaik
getaran kayu yang dijepit bibir,lidah dalam instrumen tersebut bergetar, maupun getaran dari bibir
yang meniup.
Ø Membranfon
yaitu instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput
tipis.
Ø Chordofon
yaitu instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau tali baik
dengan cara dipetik atau digesek.
Ø Elektrofon
yaitu instrumen musik yang sumber bunyinya dari listrik.
- Komponis Nusantara
1. Penulis Lagu (Song Writer)
a. Generasi Pertama penuklis lagu indonesia (1930-1960-an) yang biasa
disebut sebagai generasi pertama pencipta lagu-lagu perjuangan,di antaranya:
Ø W.R.Soepratman
Ø Liberty Manik
Ø Cornel
simandjoentak
Ø Ismail Marzuki
c.
Generasi kedua
penulis lagu indonesia (1950-1960-an) yang biasa disebut generasi bintang radio
diantaranya:
Ø Amir Pasaribu
Ø Binsal
Sitompul
Ø R.A.J.Soedjasmin
Ø Iskandar
Ø Soebroto
K.Atmodjo
Ø Soedharnoto
Ø Syaiful Bachri
Ø Koesbini
d.
Generasi
penulis lagu indonesia (1960-1970-an) yang biasa disebut sebagai generasi
pasca bintang radio diantaranya:
Ø F.A.Warsono
Ø Mochtar Embut
Ø F.X.Soetopo
Ø Para penulis
lagu hiburan,seperti A.riyatno,Zaenal Arifin,is Haryanto, dan lain-lain
2. Pencipta Musik (Komponis)
v Pendidikan
musik barat,termasuk:Slamet Abdul Syukur,Paul Goetama,Ben Pasaribu, dan
lain-lain
v Multemedia
diantaranya:Otto Sidharta,Harry Roesli,Djagdug Ferianto,I wayan sadra,dan
Sutanto
v Tradisi jawa
diantaranya :Rahayu.S,A.L.Suwardi,B.Subono dan lain-lain.
v Tradisi Sunda
dengan komponisnya:Nano Suratno,Dody Ekagusdigman,A.Rohdiat.
v Tradisi
Minangkabau dengan komponisnya:Pande Made Sukerta,Kompyang Raka,Komang
Astita,Wayan rai,Nyoman Windha,dan lain-lain.
- Fungsi Musik
1. Sebagai Media Hiburan
(Entertaiment)
Masyarakat secara umum memahami musik sebagai kebutuhan
hiburan.Dari belahan bumi mana pun,sebagian besar orang hanya memanfaatkannya
hanya untuk sekedar pelepas lelah dalam rutinitas kehidupan sehari-hari.Radio,musik
rekaman,film bioskop,televisi,dan internet memberikan ara yang mantap terhadap
citra musik sebagai media hiburan.
2. Sebagai Media Pengobatan (Therapy)
Kemungkinan orang tidak pernah mengira bahwa beberapa
tabib Muslim pada abad ke-9 dan ke-10 telah menggunakan musik sebagai sarana
penyenbuh penyakit, baik jasmani maupun rohani.Seorang filsuf,Al-Farabi
(257-337) H/870-950 SM telah menulis risalah tentang pengobatan melalui musik
Al-‘llaj fi Al Musiqa.Beethoven ,tanpa disadarinya,juga membuktikan bahwa
musiknya menjadi alat penyembuhan penyakit jiwa bagi komposer yang kesepian
karena ketuliaanya tersebut.
3.Sebagai Media Peningkatan Kecerdasan (Intelengensi)
Otak manusi dibagi menjadi dua yaitu right hemisphere
(otak kanan) dan left hemisphere (otak kiri).Keseimbangan dua bagian otak
tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan manusia.Musik dijadikan sebagai alat
penyeimbangan otak kiri.
Daya
estestis musik juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah IQ.
4.
Sebagai Suasana Upacara Keagamaan
Musik keagamaan bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Musik kegamaan dapat mengilhami penganut suatu agama
untuk selalu mengingat-Nya.
5.
Pengiring Tari/Dansa
Unsur irama/ritme dalam musik dapat berpengaruh
pada perasaan seseorang umtuk melakukan gerakan-gerakan indah dalam
tari/dansa.Dalam dunia barat,musik juga berfungsi sebagai pengring dansa/tari. Tidak jarang dari
salah satu jenis musiknya hanya ditunjukan untuk mengiringi jenis tarian
tetentu. Misalnya waltz
digunakanuntuk mengiringi tarian waltz dan lain-lain. http://raratikituk.blogspot.com/2012/06/musik-nusantara-dan-mancanegara.html
Thanks for thin information
BalasHapusNikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami
BalasHapusLegendaPelangi.com
Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
-BBM : 2AE190C9
-Loginsite : Legendapelangi.com